W. Chan Kim dan Renee Mauborgne menyatakan
bahwa Red Ocean Strategy sudah tidak lagi ampuh untuk menciptakan pertumbuhan
dan keuntungan di masa depan. Mereka berdua mengusulkan sebuah strategi baru
yang disebut Blue Ocean Strategy. Blue Ocean Strategy, menganggap bahwa
bersaing adalah menciptakan ruang pasar yang tidak ada lawannya. Pasar yang
sangat luas bagaikan “lautan biru”.
W
Chan Kim dan Renee Mauborgne menyatakan bahwa 86% menggunakan Red Ocean
Strategy dan hanya 14% yang menggunakan Blue Ocean Strategy. Dari perusahaan
yang menggunakan Red Ocean Strategy tersebut memperoleh pendapatan total 62%
dan keuntungan total 39%, sedangkan perusahaan yang menggunakan Blue Ocean Strategy
hanya mendapat pendapatan total 38% tetapi keuntungan totalnya 61%.
Cirque du Soleil merupakan salah satu
perusahaan yang menggunakan Blue Ocean Strategy. Cirque du Soleil. Perusahaan
yang didirikan pada 1984 oleh sekelompok pemain sandiwara jalanan, Cirque telah
melakukan pentas dengan menampilkan lusinan produksi yang dilihat oleh
kira-kira 40 juta orang di 90 kota di sekeliling dunia. Dalam 20 tahun, Cirque
telah mencapai pendapatan sirkus pemimpin dunia Ringling Bros dan Barnum &
Bailey. Kedua perusahaan sirkus pemimpin dunia tersebut untuk mencapainya
dibutuhkan waktu 100 tahun.
Ringling Bros dan Barnum & Bailey
merancang sirkus standar dan bersaing dengan sirkus sejenis dalam skala pasar
yang terus menurun. Ringling Bros dan Barnum & Bailey menggunakan
perspektif strategi berbasiskan persaingan, sehingga akhirnya industri sirkus
yang muncul menjadi tidak menarik. Sedangkan Cirque du Soleil’s meraih sukses
dengan tidak mengambil pasar dari industri sirkus yang ada, yang secara
histories pasarnya anak-anak. Cirque du Soleil tidak bersaing Ringling Bros dan
Barnum & Bailey, karena menciptakan pasar baru yang tidak ada lawannya dan
membuat persaingan tidak relevan lagi. Cirque du Soleil memunculkan pasar baru
selain anak-anak adalah kelompok pelanggan baru orang dewasa dan klien
perusahaan dengan tidak hanya menampilkan sirkus, tetapi menampilkan teater,
opera dan balet sehingga penontonnya bersedia membayar beberapa kali lipat
dibandingkan dengan sirkus tradisional biasa. Strategi dari Cirque du Soleil
inilah yang disebut Blue Ocean Strategy.
Blue Oceans merupakan seluruh industri
yang tidak ada saat ini, tidak dikenal ruang pasarnya dan tidak ada persaingan.
Dalam blue oceans permintaan itu diciptakan, bukan diperebutkan dengan
persaingan. Permintaan itu dapat tumbuh dengan cepat dan menguntungkan. Untuk
menciptakan blue oceans dengan dua cara, yaitu perusahaan dapat meningkatkan
industri baru yang lengkap, misalnya eBay menciptakan lelang, tetapi secara
online. Cara kedua, blue oceans dapat diciptakan dari dalam red oceans pada
saat perusahaan mengubah batas industri yang ada, seperti yang dilakukan oleh
Cirque du Soleil.
sumber : msuyanto.com/baru/?p=1531
BACA JUGA MENGENAI :
* Awal Dari Bisnis Adalah Mencoba
* Sikap Mental Positif Merupakan Awal Dari Kesuksesan
BACA JUGA MENGENAI :
* Awal Dari Bisnis Adalah Mencoba
* Sikap Mental Positif Merupakan Awal Dari Kesuksesan
No comments :
Post a Comment